Senin, 12 Agustus 2013

Cara Mempercepat Proses Boot Time (Booting) pada PC atau Laptop

Proses Boot Time (Booting) yang cepat merupakan idaman dari setiap pengguna komputer.
Apa sih sebenarnya Boot Time ??
Boot Time atau sering disebut Booting adalah proses pemasukkan arus listrik kedalam perlatan komputer sehinga dapat berkomunikasi dengan pengguna.
Hal ini disebabkan oleh banyaknya software yang terinstall pada komuter anda dan sebagiannya berjalan saat anda melakukan proses Start Up
Sebelum kita membahas cara untuk mempercepatnya, ada sebaiknya anda mengetahui kecepatan dari proses Boot Time (Booting).
Berikut Cara Mempercepat Proses Boot Time (Booting) pada PC atau Laptop:
1. Masuk ke Control Panel anda kemudian pilih System and Security.

2. Pada bagian Administrative Tools klik View events log.

3. Pada panel sebelah kiri, pilih ke Event Viewer >>> Applications and Services Logs >>> Microsoft >>> Windows >>> Diagnostics-Performance >>> Operational. Pada panel tengah bagian atas, pilih baris dengan Event ID 100 dan Date and Time paling akhir. Lalu perhatikan nilai Boot Duration pada panel tengah bagian bawah. Inilah waktu booting (dalam mili-detik) yang terjadi pada saat booting terakhir.

Nah, sekarang kita masuk ke cara mempercepatnya:
1. Buka MSCONFIG anda dengan cara menekan windows+r kemudian ketikkan "msconfig" tanpa spas kemudian tekan Enter.
2. Pilih tab Boot, centang No GUI Boot kemudian klik Edvanced Options.
 3. Centang pada bagian Number of processors dan lalu pilih angka paling besar di bagian bawahnya. Kemudian OK untuk kembali ke window System Configuration.

 4. Pilih tab Startup. Di sini terlihat program-program apa saja yang di-load Windows pada saat Startup. Pastikan hanya program yang penting saja yang dipanggil. Program yang jarang digunakan atau tidak terlalu penting sebaiknya tidak perlu dicentang agar Boot time bisa dihemat. Jika ragu, Anda bisa memeriksa bagian Manufacturer dan Command untuk bisa lebih memastikan. Klik Apply lalu OK jika sudah selesai memilih-milih.
 5. Klik Restart untuk melanjutkannya.
6. Pada saat Restart, anda harus masuk ke Bios, dengan cara menekan tombol F10 atau lainnya.
7. Setelah masuk BIOS, carilah Option-Option yang berkaitan dengan Booting. Sebagai contoh pilih System Configurations >>> Boot Options. Centang Disabled untuk beberapa aplikasi yang kurang begitu penting. Hal ini bertujuan agar proses Booting menjadi cepat.

8. Kemudian klik Save.

Share this