Jumat, 06 Desember 2013

Cara Meringankan Kinerja CPU Komputer Agar Tidak Lemot

Cara Meringankan Kinerja CPU Komputer Agar Tidak Lemot-Hai sahabat semua, kali ini saya akan menjelaskan kepada anda semua tentang meringankan kinerja CPU. Namun pada pembahasan ini saya memfokuskan pada windows 7. CPU merupakan kepanjangan dari Central Processing Unit, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan menjalankan perintah dan data dari perangkat lunak. Komponen dari CPU terbagi dari berbagai macam, yaitu:

  • Unit Control
  • Register
  • ALU

Seperti yang saya ketahui, penyebab dari hal ini ialah karena virus, banyak aplikasi yang dibuka atau bahkan karena kipas yang berada didekat prosesor laptop anda kurang berfungsi dengan baik atau bahkan rusak. Bagaimana cara mencegah atau bahkan memperbaiki hal ini ?
Simak penjelasan tentang Cara Meringankan Kinerja CPU Komputer Agar Tidak Lemot:
  1. Buang semua file sampah. Dengan cara buka prefetch (tekan windows+r) kemudian delete semua file yang berada disitu kecuali ready bost.
  2. Matikan fungsi dari system restore dengan cara buka control panel kemudian 
  3. Jika anda menggunakan laptop,ubah power option menjadi safe mode dengan cara buka control panel kemudian pilih power option, klik Balanced. Klik Change edvanced power setting kemudian pada processorpower management anda pilih active pada kedua pilihan tersebut.
  4. Hilangkan semua program yang tidak berguna pada startup dan services, dengan cara buka run kemudian ketikkan msconfig. Anda bisa mencari di google apa saja program yang tidak berguna tersebut.
  5. Scan komputer anda menggunakan antivirus yang sudah update.
  6. Gunakan theme yang sederhana saja.
  7. Cek online masalah ke windows. Hal ini dapat dilaksanakan apabila windows yang anda gunakan merupakan windows asli. Caranya ialah masuk ke control panel,kemudian pilih system and security. Pilih Find and Fix Problem kemudian klik next maka windows akan mendeteksi sendiri, kemudian pilih resolving problem,istall dan restart komputer anda.
  8. Hapus beberapa registry dengan cara buka run kemudian ketikkan regedit. Pilih key berikut cari Key HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{4BE02356-54CF-4948-B983-EDE382D497DC}\InprocServer32, kemudian hapus. Restart komputer anda.
Sekian cara Cara Meringankan Kinerja CPU Komputer Agar Tidak Lemot, semoga bermanfaat !!

Share this