Selasa, 30 Juli 2013

Cara Mudah Membersihkan virus dengan CMD

Sering anda menancapkan flashdisk atau memori ke komputer anda akan menyebabkan virus dapat masuk ke komputer anda. Dalam kasus ini penulis akan membahas mengenai cara membersihkan virus, namun postingan ini hanya sebatas virus sourchut saja. Bagaimana saja cara menghapusnya, ikuti langkah-langkahnya adalah :
1. Buka CMD dengan cara klik start yang berada pada windowas kemudian ketikan run pada tab search setelah itu ketik cmd atau dengan cara windows+r kemudian ketikan cmd.
2. Ketikkan lokasi flashdisk anda, misalnya flashdisk berada pada partisi D maka ketikkan D: kemudian tekan enter.

3. Ketikkan dir stelah itu tekan Enter maka akan muncul folder-folder dan file yang berada pada flashdisk anda.

4. Jika terdapat virus maka ada file bernama autorun.inf virus beserta file virus yang kebanyakan berekstensi .exe atau ink (virus copy shorcut) di situ juga ada folder bernama recycler virus.
5. Supaya kita dapat menghapus dan membersihkan virus sebelumnya kita harus mengubah attribut hiden menjadi unhiden. karena kita tidak akan dapat mengeksekusi virus jika file-file virus tersebut pada keadaan hidden/tersembunyi. caranya adalah ketikkan attrib[spasi]-r[spasi]-s[spasi]-h[spasi]/s[spasi]/d maka file-file dan folder, sub folder yang tersembunyi akan dimubnculkan.
6. Kini saatnya kita dapat membersihkan virus-virus tersebut dengan mengetikkan del nama virus misalkan del autorun.inf kemudian tekan enter, untuk foler kita dapat menggunakan RD[spasi]nama folder[spasi]/s atau RMDIR[spasi]nama folder[spasi]/s misalnya RD[spasi]recycler[spasi]/s atau RMDIR[spasi]recycler[spasi]/s. Untuk file virus induknya ketikklah del nama virus.exe tekan Enter.
Sekian Cara Mudah Membersihkan virus dengan CMD, semoga bermanfaat.

Share this