Rabu, 31 Juli 2013

Cara Menyembunyikan File/Folder dengan CMD

CMD
gbr1. CMD
CMD merupakan program bawaan dari windows yang sangat berguna untuk berbagai kepentingan penggunaan komputer. Salah satunya adalah untuk mengamankan file atau floder dengan cara menyembunyikannya. Cara menyembunyikan file/folder dengan CMD ini bertujuan untuk menjaga keamanan data pribadi dalam komputer anda. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti petunjuk untuk cara menyembunyikan file atau folder dengan CMD kita sebagai berikut:
  1. Buka CMD degan megetikan "cmd" di kotak run atau dengan menekan windows+r kemudian ketikkan "cmd".
  2. Selanjutnya kita menuju ke partisi dimana file dan floder berada. Misalkan file dan folder berada di partisi D:\ maka kita ketikan D: kemudian tekan Enter. 
  3. Sekarang anda berada dipartisi D:\, silahkan ketikan "dir" (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter maka anda dapat melihat isi dari partisi D:\.
  4. Kemudiaan tentukan file dan folder yang akan anda sembunyikan misalkan anda akan menyembunyikan file rahasia.doc. dan folder dokumen. Anda mulai dengan mengubah attribut pada posisi hidden atau tersembunyi dengan cara mengetikkan kata attrib +r +s +h rahasia.doc kemudian tekan enter.
  5. Untuk menyembunyikan folder beserta isinya kita ketikkan perintah CMD: attrib +r +s +h Dokumen /s /d kemudian tekan enter. 
  6. Coba anda lihat file dan folder tersebut akan hilang atau tersembunyi.
Demikian cara menyembunyikan file/folder dengan CMD-semoga bermanfaat

Share this