Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Merawat Harddisk Komputer Agar Awet

Cara Merawat Harddisk Komputer Agar Awet-Seperti yang kita ketahui, harddisk adalah tempat penyimpanan data komputer. Jadi sangatlah penting untuk anda merawat alat ini. Disamping penting, benda ini juga berharga lumayan tinggi. Agar selalu awet, ikuti langkah di bawah ini:
UPS komputer
UPS Computer
  1. Jika PC maka anda harus mempunyai UPS (Uninterruptible Power Suply) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menampung daya listrik. Jadi, jika listrik padam maka PC tidak langsung mati. Nah, jika PC sering mengalami proses shutdown yang tidak sesuai prosedur maka harddisk tidak akan berumur panjang. Perhatikan gambar UPS di samping.
    Jika laptop, maka anda tidak perlu repot membeli alat ini. Anda hanya wajib menancapkan battery pada laptop anda. Namun jika anda takut battery anda cepat rusak karena proses charge yang tidak sesuai prosedur maka anda wajib menggunakan alat ini.
  2. Cek kerusakan harddisk anda dengan cara pilih partisi disk yang akan di cek, kemudian klik properties, pilih tab tools, nah centang Automatically ..... klik start.
  3. Selalu scan komputer anda dengan menggunakan antivirus yang terupdate dan yang terbaik. Saya sarankan menggunakan antivirus Avast, jika berminat silahkan download di Free Download Avast Full Version.
  4. Lakukan defrag sesuai prosedur. Untuk mengetahui cara melakukan defrag dan prosedurnya silahkan baca Cara Meningkatkan Performa Windows 7.
  5. Selalu bersihkan harddisk anda dari junk file dan sebagainya menggunakan perangkat lunak seperti ccleaner atau disk cleaning up.
  6. Jangan menyimpan file terlalu banyak. Jika bisa, sisakan free disk minimal 1 Gb.
  7. Uninstall aplikasi yang tidak berguna, dengan tujuan agar komputer anda tidak berjalan lambat.
  8. Jangan biarkan harddisk anda menjadi panas.
Baiklah, sekian dulu ya Cara Merawat Harddisk Kompter Agar Awet, semoga bermanfaat.

Share this